Jurus Cepat dan Mudah Menggambar Karakter dengan Adobe illustrator

31 Aug 2017

(Level Pemula)

Artikel ini saya buat untuk Anda yang ingin mencoba program pengolah gambar digital Adobe illustrator dengan tahapan yang praktis, cepat dan mudah. 

 

“Abaikan banyak istilah dalam program, mari ikuti panduan saya dengan petunjuk simbol-simbol pada programnya”

Gambar diatas adalah hasil akhir dari latihan kita pada kesempatan kali ini. Mari kita mulai sekarang.

 

1. Buat sketsa sederhana diatas kertas, kemudian scane atau foto dengan camera handphone, simpan filenya di komputer Anda.

 

 

2. Buka program Adobe illustrator pada perangkat Anda. 

 

New - Document - (ukuran file bebas sesuai yang Anda butuhkan)

 

Setelah itu klik menu file - Place (cari file panduan/gambar yang akan di tempatkan pada layer di komputer Anda, kemudian klik dan drag tepat diatas stage)

Atur Opacity (gelap terang) gambar acuan di 20% (atau sesuai yang Anda inginkan)

 

Catatan : Kita akan mengikuti pola gambar panduan di layer yang berbeda, gambar panduan diusahakan samar (pengaturan opacity) sehingga kita akan fokus pada warna yang kita buat.

 

3. Buat layer baru di atas layer panduan. Kemudian di pojok kiri atas cari simbol gambar pena seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.

Mulailah membuat garis mengikuti bagian terluar dari gambar panduan (hanya bagian terluar gambar).

 

4. Setelah selesai mengikuti garis terluar gambar, kemudian atur besar garis (stroke) pada ketebalan 10 px (cocokan setingan dengan 3 bulatan yang saya tandai seperti pada gambar di bawah ini

 

5. Duplicate layer “Garis” dan rubah nama layer menjadi “Warna”. Lihat gambar di bawah, kita sekarang sudah punya 3 layer (Panduan, Garis dan Warna)

 

Klik layer warna kemudian atur warna stroke  menjadi silang, kemudia atur warna fill denga warna coklat (atau warna apapun sesuai kebutuhan Anda)

Catatan : 

Layer Garis adalah layer berisi garis tanpa warna

Layer Warna adalah layer berisi warna tanpa garis. 

 

6. Buat layer baru diatas layer Warna dan namakan dengan Garis Dalam

Mulailah membuat garis dalam dengan ketebalan garis (stroke) lebih kecil dari garis terluar (saya seting di 5 px) mengikuti panduan gambar.

Layer garis dalam sudah selesai dibuat seperti pada tampak pada gambar diatas.

 

Pada ujung mata dan alis karakter, seting ujung garis menjadi tampak bulat, caranya klik pengaturan garis (stroke) kemudian ikuti panduan bulatan yang saya tandai seperti tampak pada gambar dibawah ini.

 

Sekarang masing-masing ujung garis pada mata dan alis lebih membulat dan terlihat lebih rapih (tapi opsi ini tidak begitu penting, sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda saja)

 

7. Mari kita mulai mewarnai. Dibawah ini sudah tampak 4 layer. Kunci layer Panduan, Garis dan Garis Dalam. Kita akan fokus ke layer Warna. 

 

Penguncian layer membantu kita supaya bidang kerja kita tetap berada pada satu layer yang kita perlakukan. 

Klik (select) objek berwarna pada area stage. Kemudian klik lama di menu kiri atas simbol “penghapus” sampai muncul 3 opsi seperti pada gambar di bawah ini. 

Pilih opsi Knife seperti yang saya tandai pada gambar di atas. 

 

Opsi Knife berfungsi untuk memotong/ mengiris bagian-bagian sesuai dengan yang kita butuhkan, dalam kesempatan kali ini kita akan mengiris satu warna menjadi beberapa bagian mengikuti alur garis Garis Dalam.

 

Caranya : klik (select) warna yang akan kita iris kemudian mulailah mengiris bagian seperti yang tampak pada gambar di bawah ini

 

Contoh Ujung topi, kita iris mengikuti panduan , kemudian berlanjut ke bagian-bagian yang lainnya.

Sekarang kita bisa merubah warna berbeda kalau semua bagian sudah kita iris seperti tampak pada gambar diatas. Caranya klik area yang akan dirubah warna dan pilih warna yang kita inginkan. Seperti pada gambar di bawah ini.

Kalau semua sudah kita warnai sesuai keinginan, kita bisa menambahkan efek warna lain misal bayangan dengan bantuan opsi/ menu knife pada langkah sebelumnya.

8. Sampai tahap ini Kita sudah sedikit tenang, boleh seduh kopi panas dulu sambil memulihkan konsentrasi. 

 

Mari kita selesaikan gambarnya tentunya sesuai dengan selera Anda. 

Bagaimana ? Mudah bukan? Gambar kita sudah jadi 😅. 

 

Selamat ya!!! 

Kalau mau lebih detail bisa dicoba dengan cara yang sama seperti tampak pada gambar di bawah ini 

 

Jangan lupa terus mencoba, terus latihan sampai Anda mahir dan menemukan cara-cara lebih ampuh lainnya. 

Jangan lupa juga untuk terus berbagi.

 

Kalau menemukan kesulitan jangan sungkan hubungi saya di menu chat online,kirim via email di menu kontak atau tulis di kolom komentar.🙏🏻.

 

Semoga berkenan 

Salam.

Please reload

Our Recent Posts

Please reload

Archive

Please reload

Tags

Please reload