Bah Ocin, Kakek Tak Nyata Tapi Ada

6 Jul 2017

Sedikit mundur ke belakang, di daerah saya, parahyangan, ada banyak sekali figur atau tokoh maya (mitos, dongeng) yang hanya dibesarkan oleh nama. Namanya sangat dikenal sampai sekarang, akan tetapi sosok dan penampakannya tidak ada satupun yang baku. Adapun yang beredar sampai sekarang hanyalah kreatifitas ilustrator menurut versi dan sentuhan seninya masing-masing. Sebut saja Sangkuriang, Lutung Kasarung, si Kabayan dan banyak lagi.  

 

Beranjak dari kenyataan seperti itulah ide membuat figur Bah Ocin dimulai. 

 

Bah Ocin, sudah menjadi bagian dalam kehidupan saya sejak pertama kali karakternya dibuat 5 tahun silam melalui cerita-cerita yang saya kemas melalui audio.

 

Dalam kehidupan nyata, saya memang tidak lama bersama dengan kakek. Sejak umur dua tahun, kedua kakek saya sudah di panggil oleh yang Maha Kuasa. Akan tetapi, kasih sayang mereka masih sangat saya rasakan sampai sekarang.

 

1. Karakter Bah Ocin (2014)

 

Bah Ocin, adalah karakter maya (tidak nyata) yang saya buat, dan tidak berkaitan sama sekali dengan kerinduan saya terhadap kedua kakek saya. Akan tetapi dalam sosok Bah Ocin ada jiwa dan prilaku layaknya seorang kakek yang saya rindukan. Sosok yang pintar, santun, banyak akal dan penyayang. 

 

Saya yakin, bukan hanya saya tapi Anda semua pasti pernah memiliki bahkan merasakan figur kakek yang sama seperti itu, dan kita semua bangga dengan mereka. 

 

Tahun 2014, karakter Abah coba saya desain. Sosok yang bisa mewakili watak yang sudah di skenariokan.

 

 

Ada banyak kawan yang sangat membantu hingga sosok dan figur Abah Ocin bisa di kenal sampai sekarang, walaupun masih dalam cakupan yang belum luas. 

 

2. Bah Ocin Animasi 3 Dimensi

 

Ada keinginan saya untuk membuat sosok Abah hadir dalam animasi sejak pertama kali mengenal sosok Demi Dasmana (animator pembuat Cepot Saparakanca) tahun 2013. Keinginan sayapun disambut baik oleh sang animator. Berdasarkan acuan yang saya kirim, dengan apik Demi coba rancang model Abah dalam bentuk model 3 Dimensi. 

 

 

 

 

3. Bah Ocin dalam bentuk Wayang Golek

 

Sejak mengenal kang Opick Sunandar Sunarya, sosok dan karakter Bah Ocin  semakin mendekati sempurna. Inisiatip kami berduapun muncul lalu kami coba wujudkan Abah dalam sosok Wayang Golek. Ketika itu kang Opick membuatkan Abah kembar. Satu untuk dimainkan dalam pementasan wayangnya dan satu lagi untuk di kirim ke Jepang tempat dimana saya tinggal sekarang.

Wayang golek Bah Ocin Kembar

Keterangan : Bah Ocin tampil di pagelaran Wayang Golek - Opick Sunandar Sunarya

Keterangan : Wayang golek Abah tiba di Tokyo Jepang

 

4. Bah Ocin jadi daya tarik pameran

 

Pernah iseng-iseng bawa Abah ke pameran. Kebetulan saya kenal dengan seorang kawan baik di Tokyo yang wajahnya mirip Abah. Mereka berduapun coba saya sandingkan dan sama-sama ada di pameran.

Dadang dengan wayang abah berhasil memikat banyak orang yang datang ke stand pameran, mereka berselfie ria dan tidak sedikit yang curi-curi foto mereka berdua. 

 

 

 

5. Explorasi Pengembangan Karakter Bah Ocin

 

Setiap ada ide-ide baru selalu dikerjakan langsung di studio kecil saya. 

 

Keterangan : Action figur Bah aocin

 

 

 

 

Keterangan : Topeng Bah Ocin

 

 

 

 

Keterangan : Abah Ocin buatan Giriharja 3

 

6. Bah Ocin Ngadongéng (BON)

 

Saya ingin mengenalkan abah lebih luas lagi, kali ini dengan disertai konsep cerita-cerita ringan dan menghibur. 

 

Untuk konsep yang satu ini, saya coba bikin Abah dalam versi lain, perpaduan antara boneka tangan dan wayang golek. 

 

 

Bentuknya jauh lebih kecil, lebih ringan, dan lebih hidup karena dengan leluasa bisa digerakan dengan satu tangan.

 

 

 

 

Keterangan : Abah live - talkshow Paytren TV - Indonesia Asyik 

 

Demikian sedikit cerita tentang Abah Ocin, perjalanan panjang ini semoga memberikan semangat, motivasi dan gambaran kepada kreator muda yang penuh ide-ide cemerlang untuk membuat karya yang lebih baru dan bisa di terima oleh masyarakat luas dengan konsep-konsep yang lebih menarik lagi. 

 

Semoga berkenan 

Salam

Please reload

Our Recent Posts

Please reload

Archive

Please reload

Tags

Please reload