Karakter Lokal Bawa Pesan Mendunia

4 Jul 2017

Kehadiran krakter-karakter luar seperti mickey mouse, donal bebek, doraemon, dan lain sebagainya pernah mengisi masa kecil saya menjadi lebih bermakna. 

 

Bukan hanya sosoknya yang lucu, tapi di balik itu semua ada muatan pesan yang disampaikan dengan pendekatan dan kemasan yang sempurna. Dan sampai sekarang keberadaan mereka semakin diidolakan oleh semua kalangan usia.

 

Semoga tulisan ini bisa menjadi penyemangat untuk rekan-rekan semua. Karena untuk bisa menjadi besar diperlukan kerjasama dari semua pihak.  

 

Sejak kecil, saya sangat senang menggambar. Ayah, adalah guru terhebat dalam hidup saya dalam hal menggambar. Gambar jelek saya selalu di bilang bagus, hebat dan beliau selalu bangga dengan hasil coretan saya walaupun jauh dari sempurna. 

 

Sekarang saya baru mengerti, yang ayah ajarkan bukanlah harus hebat menggambar, tapi lebih ke membangun keberanian dan kepercayaan diri. 

 

Gambar-gambar yang saya buat termasuk kelas amatir kalau dibandingkan dengan karya-karya kreator di tanah air. Tapi saya cukup tebal muka, berani dan terkadang nekad untuk terus mencoba.

 

2014, sebuah jejaring sosial LINE memberikan kesempatan untuk siapa saja yang berkeinginan untuk menjual karakter-karakter karyanya. Gambar tersebut berbentuk sticker yang akan di sematkan pada pesan percakapan di aplikasi bawaannya. 

 

1. Cepot LINE Sticker

 

Stiker Cepot adalah sticker perdana yang coba saya ajukan ke pihak LINE. 

Saat itu, mungkin baru beberapa orang saja kreator tanah air yang sama-sama mencoba. Karena memang baru awal dibuka belum seperti sekarang yang sudah puluhan bahkan ratusan yang sudah sama-sama membuat karya hebatnya. Salut untuk para kreator tanah air.

 

 

2. Si Kabayan LINE Sticker

 

Masih mengusung tema karakter tradisi dan kearifan lokal, sticker kedua yang saya ajukan adalah karakter si Kabayan. Alhamdulillah sama seperti saat sticker Cepot, kehadiran sticker Si Kabayan ini mendapat respon yang luar biasa dari berbagai penjuru dunia. Terima kasih semua.

3. Koboy Braga LINE Sticker

 

Sosok Jamal yang berperan salam sitkom Preman Pensiun menjadi daya tarik tersendiri untuk di buat katakternya. Tentu, atas ijin langsung dari yang bersangkutan, akhirnya sticker Koboy Braga saya buat dan saya ajukan. Adalah sosok Koboy yang konyol, penyayang, dan melankolis tragis.

 

4. Ma Onam LINE Sticker

 

Ma Onam, Sosok nenek yang jago silat, pemberani, perkasa akan tetapi memiliki hati yang lembut, ramah dan bersahaja sekarang ikut menyemarakan pesan-pesan di LINE apps. Mungkin ada banyak orang yang sudah familier dengan namanya, walaupun di dalam kenyatannya bukanlah sosok nenek-nenek seperti yang saya gambarkan. 

5. Ririwa LINE sticker

 

Ririwa, adalah sebutan masyarakat Sunda untuk mahluk-mahluk halus. Bahasa nasionalnya mungkin dedemit, atau jenis-jenis hantu yang menakutkan. 

 

Ririwa LINE sticker, adalah karakter-karakter hantu khas tanah air yang saya kemas bertolak belakang dengan keadaan yang sebenarnya. Mereka justru datang bersama-sama membawa pesan yang lucu, konyol, kocak sesuai dengan misi mereka yaitu membuat semua penghuni bumi untuk bisa tertawa.

 

 

6. Pipit LINE Sticker

 

Kedekatan saya dengan jenis burung desa yang satu ini menjadi daya tarik tersendiri. Sampai sekarang, saya selalu tenang jika melihat gerombolan burung pipit ini di habitat aslinya. Mereka saya lihat sangat kompak, bahagia dan senantiasa hidup bersama-sama. 

Bagi sebagian orang burung ini mungkin hama atau musuh besar, tapi bagi saya mereka sama halnya dengan kita, makhluk yang sama-sama berjuang untuk kelangsungan hidupnya. 

 

Terima kasih saya ucapkan, karena berkat anda semua, karakter-karakter diatas, bisa mendunia

 

Mereka hadir membawa pesan mendunia lewat bantuan rekan-rekan semua.

 

Semoga tulisan ini bisa menjadi penyemangat untuk rekan-rekan semua. Karena untuk bisa menjadi besar diperlukan kerjasama dari semua pihak. 

 

Harapan saya, semoga kelak ada karakter tanah air hasil karya kreator negeri yang bisa mendunia, bisa membuat dan mengisi hari-hari generasi di bumi menjadi lebih berwarna, seperti karakter-karakter mereka yang sampai saat ini melekat di hati kita. 

 

Terima kasih

Salam

Please reload

Our Recent Posts

Please reload

Archive

Please reload

Tags

Please reload